Monday, November 19, 2007

DASAR TEORI TOKSIKOPROYEK

Jenis uji toksikologi

Pada dasarnya, uji toksikologi dapat dibagi menjadi dua golongan, yakni uji ketoksikan tak khas dan uji ketoksikan khas. Dimaksud dengan uji ketoksikan tak khas adalah uji toksikologi yang dirancang untuk mengevaluasi keseluruhan atau spectrum efek toksik suatu senyawa pada aneka ragam jenis hewan uji. Termasuk dalam golongan uji ketoksikan tak khas ini ialah uji ketoksikan akut, subkronis dan kronis. Dimaksud dengan uji ketoksikan khas ialah uji toksikologi yang dirancang untuk mengevaluasi secara rinci efek yang khas sesuatu senyawa pada aneka ragam jenis hewan uji. Termasuk golongan uji ketoksikan khas ini ialah uji potensiasi, kekarsinogetikan, kemutagenikan, keteratogenikan, reproduksi, kulit dan mata, dan perilaku. (Loomis, 1978)

Uji ketoksikan akut. Uji ini dirancang untuk menentukan efek toksik sesuatu senyawa (missal zat tambahan makanan) yang akan terjadi dalam waktu singkat setelah pemejanan atau pemberiannya dengan takaran tertentu.l uji ini dikerjakan dengan cara memberi dosis tunggal senyawa uji pada hewan uji (sekurang-kurangnya 2 jenis hewan uji roden dan nirroden, jantan maupun betina). Takaran dosis yang dianjurkan paling tidak empat peringkat dosis, berkisar dari dosis terendah yang tidak atau hampir tidak mematikan seluruh hewan uji sampai dengan dosis tertinggi yang dapat mematikan seluruh atau hampir seluruh hewan uji. Senyawa ini diberikan melalui jalur yang akan digunakan oleh manusia atau jalur yang memungkinkan manusia terpejani dengan senyawa itu. Biasanya pengamatan dilakukan selama 24jam, kecuali pada kasus tertentu selama 7-14 hari. Dan pengamatan tersebut meliputi : (1) gejala klinis, (2) jumlah hewan yang mati, dan (3) histopatologi organ.n (Imono,2001)

Data kuantitatif yang diperoleh dari uji ketoksikan akut ini ialah LD50 sedang data kualitatifnya berupa penampakan klinis dan morfologis efek toksik senyawa uji.m data LD50 yang diperoleh dapat digunakan untuk potensi ketoksikan akut senyawa relatif terhadap senyawa lain. Selain itu, juga dapat digunakan untuk memperkirakan takaran dosis uji toksikologi lainnya. (Imono,2001)

Pengamatan dan pemeriksaan

Setelah toksikan diberikan, jumlah hewan yang mati dan waktu kematiannya harus diamati untuk memperkirakan LD50. yang lebih penting lagi, tanda-tanda toksisitasnya harus dicatat. Jangka waktu pengamatan harus cukup panjang sehingga efek yang muncul lambat, termasuk kematian, tidak luput dari pengamatan. Jangka waktu itu biasanya 7-14hari tetapi dapat jauh lebih lama.

Autopsi kasar harus dilakukan pada semua hewan mati dan pada beberapa hewan yang hidup, terutama hewan yang tampak sakit pada akhi8r percobaan. Autopsi dapat memberikan informasi yang berharga tentang organ sasaran, terutama bila kematian tidak terjadi segera setelah pemberian zat kimia. Mungkin juga diperlukan pemeriksaan histopatologik organ tubuh dan jaringan tertentu.

Evaluasi data

Hubungan dosis respon. Bila frekuensi atau efek lain dihubungkan terhadap dosis dalam skala logaritmiki, diperolehj suatu kurva berbentuk S. bagian tengah kurva itu (antara 16% dan 84% respon) cukup lurus untuk memperkirakan LD50 atau ED50. akan tetapi, banyak bagian kurva dapat diluruskan dengan menggambarkan titik-titik tersebnut berdasarkan nilai basis probit. Prosedur inin terutama berguna untuk memperhitungkan, misalnya LD5 atau LD95, dengan menggunakan ujung-ujung ekstrem dari kurva.

Tanda toksik pada organ atau system. Pada sistem autonomic memberikan tanda membran niktitans melemas, eksoftalmos, hipersekresi hidung, salvias, diare, keluar air seni, piloereksi. Pada perilaku ditandai dengan sedasi, gelisah, posisi duduk kepala keatas, pandangan lurus kedepan, kepala tertunduk, depresi berat, sering menjilat-jilat tubuh, kuku siap mencakar, terengah-engah, iritabilitas, sikap agresif atau defensif, ketakutan, bingung, aktifitas yang aneh. Pada sensorik ditandai dengan peka terhadap nyeri, righting reflex, refleks kornea, refleks labirin, refleks penempatan, refleks tungkai belakang, peka terhadap bunyi dan sentuhan. Pada neuromuskuler ditandai dengan aktifitas meningkat atau berkurang, fasikulasi, tremor, lemas, ekor melengkung keatas membentuk huruf S, kelemahan tungkai belakang, refleks nyeri. Pada kardiovaskuler ditandai dengan denyut jantung meningkat atau berkurang, sianosis, vasokonstriksi, vasodilatasi, perdarahan. Pada pernapasan ditandai dengan hipopnea, dispnea, terengah-engah, apnea. Pada mata ditandai dengan midriasis, miosis, refleks pupil. Pada gastrointestinal, gastrourinary ditandai dengan salvias, berdahak, diare, berak atau kencing berdarah, konstipasi, ingusan, muntah-muntah, kencing dqan berak tidak terkendali. Pada kulit ditandai dengan piloereksi, menggigil, eritema, edema, nekrosis,k bengkak.

PUSTAKA

Frank, C, 1995. Toksikologi Dasar ,89-90, UI Press, Jakarta

Imono, A.D. 2001. Toksikologi Dasar, 200-201, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Loomis, T.A. 1978. Essentials of Toxicology.3rd ed. Lea & Febiger, Philadelphia

4 comments:

Anonymous said...

Oi, achei seu blog pelo google está bem interessante gostei desse post. Gostaria de falar sobre o CresceNet. O CresceNet é um provedor de internet discada que remunera seus usuários pelo tempo conectado. Exatamente isso que você leu, estão pagando para você conectar. O provedor paga 20 centavos por hora de conexão discada com ligação local para mais de 2100 cidades do Brasil. O CresceNet tem um acelerador de conexão, que deixa sua conexão até 10 vezes mais rápida. Quem utiliza banda larga pode lucrar também, basta se cadastrar no CresceNet e quando for dormir conectar por discada, é possível pagar a ADSL só com o dinheiro da discada. Nos horários de minuto único o gasto com telefone é mínimo e a remuneração do CresceNet generosa. Se você quiser linkar o Cresce.Net(www.provedorcrescenet.com) no seu blog eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. If is possible add the CresceNet(www.provedorcrescenet.com) in your blogroll, I thank. Good bye friend.

Anonymous said...

Hello !.
You may , probably very interested to know how one can manage to receive high yields .
There is no initial capital needed You may begin earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you thought of all the time
The firm incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with offices everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become an affluent person?
That`s your choice That`s what you really need!

I feel good, I began to take up real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct partner who uses your funds in a right way - that`s the AimTrust!.
I take now up to 2G every day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to get involved , just click this link http://evitorij.greatnow.com/qazegij.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of hardship when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never thought that there weren't any need in large initial investment.
Now, I feel good, I started take up real income.
It's all about how to select a correct companion who utilizes your money in a right way - that is incorporate it in real business, and shares the profit with me.

You can ask, if there are such firms? I'm obliged to tell the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonymous said...

tramadol online tramadol hcl long term use - tramadol 50mg uses