Saturday, November 24, 2007

MEKANISME AKSI HIDROKLOROTIAZID SEBAGAI DIURETIK

MAKALAH KIMIA MEDISINAL

MEKANISME AKSI HIDROKLOROTIAZID SEBAGAI DIURETIK



Disusun oleh :
Ines Septi A. (058114061)
Margarita Krishna S. (058114062)
Maria Corazon S. (058114065)
Maria Widiastuti Dwi (058114067)
Widya Adhitama (058114069)
Linna Ferawati G. (058114070)
Bernadetta Ayu W. (058114071)
Chrisye Dewi P. (058114072)



FAKULTAS FARMASI
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2007



HIDROKLOROTIAZID

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. Berbagai cara pengobatan telah ditempuh untuk mengobati penyakit ini, antara lain diuretik, penghambat simpatetik, beta bloker, vasodilator, penghambat Angiotensin Converting Enzim, penghambat reseptor Angiotensin II, dan antagonis kalsium. Sistem kardiovaskuler terdiri atas jantung dan pembuluh darah serta sistem sirkulasinya
Jantung memiliki peranan penting dalam penyediaan oksigen untuk seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme (karbondioksida). Organ ini melaksanakan fungsinya dengan mengumpulkan darah yang kekurangan oksigen dari seluruh tubuh dan memompanya ke dalam paru-paru, dimana darah akan mengambil oksigen dan membuang karbondioksida. Jantung kemudian mengumpulkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke jaringan di seluruh tubuh. Dengan demikian jantung bertugas menjaga sirkulasi darah. Salah satu aspek yang penting dalam pengaturan sirkulasi darah adalah tekanan darah.
Ketidaknormalan tekanan darah dikelompokkan menjadi dua, yaitu hipertensi dan hipotensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Keadaan itu terjadi jika tekanan darah pada arteri utama didalam tubuh terlalu tinggi. Sedangkan hipotensi adalah keadaan dimana tekanan darah menurun secara abnormal.
Pengobatan hipertensi dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pengobatan secara nonfarmakologis (non-obat) dan farmakologis (terapi dengan obat-obatan). Terapi tanpa obat dapat dilakukan antara lain dengan menurunkan berat badan, berolah raga, menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sedangkan pengobatan secara farmakologis dilakukan dengan terapi menggunakan obat-obatan seperti golongan diuretik (hidroklorotiazid, furosemid), beta bloker (propanolol), vasodilatasi (hidralasin), dll.
Pada kesempatan ini akan dibahas lebih dalam mengenai obat antihipertensi diuretik. Secara umum, diuretik adalah zat-zat yang dapat memperbanyak pengeluaran kemih melalui kerja langsung terhadap ginjal (Rahardja dan Tjay, 2002). Salah satu obat diuretik yang menjadi pilihan di dalam peresepan untuk hipertensi ringan sampai sedang adalah Hidroklorotiazid (HCTZ). HCTZ merupakan derivat sulfonamid golongan benzothiazine (thiazid). Ditemukan tahun 1959, dalam penelitian penghambat karbonat anhidrase (ekskresi ion natrium dan klorida di dalam kemih) yang lebih poten. Efek diuretisnya lebih ringan dari diuretika lengkungan tetapi bertahan lebih lama, 6-12 jam sehingga daya hipotensifnya lebih kuat (jangka panjang).

(Rita, 05-062)
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan sebelumnya, maka perumusan masalah dalam makalah adalah:
Bagaimana mekanisme aksi Hidroklorotiazid di dalam tubuh dalam menimbulkan efek sebagai diuretika?

C. BATASAN MASALAH
Dalam penelitian ini penulis memberi batasan pembahasan hanya pada mekanisme aksi Hidroklorotiazid, sehingga aksi langsung dari obat diuretika yang termasuk golongan lain tidak menjadi bahasan.

D. TUJUAN
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme aksi Hidroklorotiazid di dalam tubuh sehingga mampu menimbulkan efek sebagai diuretik.

E. TINJAUAN PUSTAKA
1. Sistem Kardiovaskular
Sistem kardiovaskular terdiri dari:
a. Jantung
Pada saat berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol), selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua atrium mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua ventrikel juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.
Darah yang kaya CO2 dari seluruh tubuh mengalir melalui vena kava menuju ke dalam atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, dia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan. Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis, menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui kapiler yang mengelilingi alveolus, menyerap O2 dan melepaskan CO2 yang selanjutnya dihembuskan.
Darah yang kaya akan O2 mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium kiri. Peredaran darah diantara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner.
Darah dalam atrium kiri akan didorong ke dalam ventrikel kiri, yang selanjutnya akan memompa darah yang kaya akan O2 ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta. Darah kaya O2 ini disediakan untuk seluruh tubuh, kecuali paru-paru.
b. Pembuluh darah
Arteri membawa darah dari jantung dan menanggung tekanan darah yang paling tinggi. Kelenturannya membantu mempertahankan tekanan darah di antara denyut jantung. Arteri yang lebih kecil dan arteriola memiliki dinding berotot yang menyesuaikan diameternya untuk meningkatkan atau menurunkan aliran darah ke daerah tertentu.
Kapiler merupakan pembuluh darah yang halus dan berdinding sangat tipis, yang berfungsi sebagai jembatan antara arteri dan vena. Kapiler memungkinkan O2 dan zat makanan berpindah dari darah ke dalam jaringan dan memungkinkan hasil metabolisme berpindah dari jaringan ke dalam darah.
Dari kapiler, darah mengalir ke dalam venula lalu ke dalam vena, yang akan membawa darah kembali ke jantung. Vena memiliki dinding yang tipis, tetapi biasanya diameternya lebih besar daripada arteri, sehingga vena mengangkut darah dalam volume yang sama tetapi dengan kecepatan yang lebih rendah dan tidak terlalu di bawah tekanan.

(Widia, 05-067)
2. Hipertensi
Hipertensi dibagi menjadi 2 yaitu
a. hipertensi primer
Juga disebut hipertensi ‘esensial’ atau ‘idiopatik’ dan merupakan 95% dari kasus-kasus hipertensi. Tekanan darah merupakan hasil curah jantung dan resistensi vaskular, sehingga tekanan darah meningkat jika curah jantung meningkat, restensi vaskular perifer bertambah, atau keduanya. Pada hipertensi, curah jantung cenderung menurun dan resistensi perifer meningkat. Adanya hipertensi juga menyebabkan penebalan dinding arteri dan arteriol, mungkin sebagian diperantari oleh faktor yang dikenal sebagai pemicu hipertrofi vaskular dan vasokonstriksi (insulin, katekolamin, angiotensin, hormon pertumbuhan), sehingga menjadi alasan sekunder dari hipertensi yang sudah ada telah menyebabkan penelitian etiologi semakin sulit dan observasi ini terbuka untuk berbagai interpretasi.

b. hipertensi sekunder
hipertensi sekunder adalah hipertensi yang disebabkan/ sebagai akibat dari adanya penyakit lain yaitu akibat penyakit jantung/ginjal, diabetes, atau tumor dari kelenjar adrenal, obat-obatan, maupun kehamilan.

(Bernadetta, 05-071)

3. Sistem Ekskresi Ginjal
Ginjal merupakan organ terpenting pada pengaturan homeostasis, yakni keseimbangan dinamis antara cairan intra dan ekstrasel, serta pemeliharaan volume total dan susunan cairan ekstrasel. Hal ini terutama tergantung dari jumlah ion Na+, yang untuk sebagian besar terdapat di luar sel, di cairan antarsel, dan di plasma darah. Ginjal tersusun dari berjuta-juta nefron. Satu unit nefron terdiri dari glomerulus dan tubulus. Proses diuresis dimulai dengan mengalirnya darah ke dalam glomeruli, yang terletak di korteks ginjal. Dinding glomeruli inilah yang bekerja sebagai saringan halus yang secara pasif dapat dilintasi air, garam-garam, dan glukosa. Ultrafiltrat, yang diperoleh dari filtrasi dan berisi banyak air serta elektrolit, akan ditampung di Kapsul Bowman dan kemudian disalurkan ke tubuli. Tubuli ini terdiri dari bagian proksimal dan distal, yang letaknya masing-masing dekat dan jauh dari glomerulus, kedua bagian ini dihubungkan oleh sebuah lengkungan (Henle’s loop). Di sini terjadi penarikan kembali secara aktif air dan komponen yang sangat penting bagi tubuh, seperti glukosa dan garam-garam, antara lain ion Na+. Zat-zat ini dikembalikan pada darah melalui kapiler yang mengelilingi tubuli. Sisanya yang merupakan perombakan metabolisme protein yang tak berguna seperti ureum dikeluarkan dari tubuh. Akhirnya, filtrat dari semua tubuli ditampung di ductus colligens, dimana terutama berlangsung reabsorbsi air. Filtrat disalurkan ke kandung kemih dan ditimbun di sini sebagai urin (Rahardja dan Tjay, 2002).

(Cory, 05-065)

4. Mekanisme Kerja Diuretik
Diuretik bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit yang berhubungan dengan retensi abnormal garam dan air dalam kompartemen ekstraseluler tubuh, biasanya dirujuk sebagai edema. Pada umumnya, diuretik adalah suatu zat yang meningkatkan laju ekskresi urin oleh ginjal, terutama melalui penurunan reabsorbsi tubular ion natrium dan airnya dalam tubulus ginjal yang setara secara osmotik. Penimbunan cairan berlebih dalam kompartemen ekstraseluler dapat disebabkan oleh kegagalan jantung, sirosis hati, gangguan ginjal, toksemia kehamilan, atau akibat sampingan obat (Rahardja dan Tjay, 2002).
Obat-obat ini bekerja khusus terhadap tubuli, yakni di:
a. tubuli proksimal. Ultrafiltrat mengandung sejumlah besar garam yang di sini direabsorbsi secara aktif untuk lebih kurang 70 %, antara lain ion Na dan air, begitu pula glukosa dan ureum. Karena reabsorbsi berlangsung secara proporsional, maka susunan filtrat tidak berubah dan tetap isotonis terhadap plasma. Diuretika osmotis bekerja di sini dengan merintangi reabsorbsi air dan juga natrium.
b. lengkungan Henle. Di bagian menaik Henle’s loop ini ca 25 % dari semua ion Cl- yang telah difiltrasi direabsorbsi secara aktif, disusul dengan reabsorbsi pasif dari Na+ dan K+, tetapi tanpa air, hingga filtrat menjadi hipnotis. Diuretika lengkungan terutama bekerja di sini dengan merintangi transpor Cl- dan demikian reabsorbsi Na+. Pengeluaran K+ dan air juga diperbanyak.
c. tubuli distal, di bagian pertama segmen ini, Na+ direabsorbsi secara aktif pula tanpa air hingga filtrat menjadi lebih cair dan lebih hipnotis. Senyawa thiazid dan klortalidon bekerja di tempat ini dengan memperbanyak ekskresi Na+ dan Cl- sebesar 5 - 10 %. Di bagian kedua segmen ini, ion Na+ ditukarkan dengan ion K+ atau NH4+; proses ini dikendalikan oleh hormon anak-ginjal aldosteron. Antagonis aldosteron (spironolakton) dan zat-zat penghemat kalium (amilorida, triamteren) bertitik kerja di sini dengan mengakibatkan ekskresi Na+ (kurang dari 5 %) dan retensi K+.
d. saluran pengumpul. Hormon antidiuretik ADH (vasopresin) dari hipofisis bertitik kerja di sini dengan jalan mempengaruhi permeabilitas bagi air dari sel - sel saluran ini (Rahardja dan Tjay, 2002).
Scan gambar hal.597
(Linna, 05-070)

5. Penggolongan Obat-obatan Antihipertensi
Pengobatan hipertensi secara farmakologis dapat digunakan obat-obatan antihipertensi antara lain:
• Diuretik
Obat-obatan jenis ini bekerja dengan cara mengeluarkan cairan tubuh melalui kencing sehingga volume cairan ditubuh berkurang yang mengakibatkan daya pompa jantung menjadi lebih ringan. Contoh obat-obatan yang termasuk jenis ini adalah hidroklorotiazid.
• Beta bloker
Mekanisme kerja anti-hipertensi obat ini adalah melalui penurunan daya pompa jantung. Contoh obat-obatan yang termasuk didalamnya adalah : Metoprolol, Propranolol dan Atenolol.
• Penghambat simpatetik
Golongan obat ini bekerja dengan menghambat aktivitas saraf simpatis. Contoh obat yang termasuk dalam golongan penghambat simpatetik adalah: Metildopa, Klonidin dan Reserpin.
• Vasodilator
Obat golongan ini bekerja langsung pada pembuluh darah dengan relaksasi otot polos (otot pembuluh darah). Yang termasuk dalam golongan ini adalah : Prasosin, Hidralasin.
• Penghambat Angiotensin Converting Enzim (ACE)
Cara kerja obat golongan ini adalah menghambat pembentukan zat Angiotensin II (zat yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah). Contoh obat yang termasuk golongan ini adalah Kaptopril.
• Penghambat reseptor Angiptensin II
Cara kerja obat ini adalah dengan menghalangi penempelan zat Angiotensin II pada reseptornya yang mengakibatkan ringannya daya pompa jantung. Obat-obatan yang termasuk dalam golongan ini adalah Valsartan (Diovan).
• Antagonis Kalsium
Golongan obat ini menurunkan daya pompa jantung dengan cara menghambat kontraksi jantung (kontraktilitas). Yang termasuk golongan obat ini adalah : Nifedipin, Diltiasem dan Verapamil.

(Dhita, 05-069)

6. Penggolongan Obat-obatan Diuretik
a. Diuretik lengkungan : furosemid, bumetanida, dan etakrinat.
Obat - obat ini berkhasiat kuat dan pesat tetapi agak singkat (4-6 jam). Banyak digunakan pada keadaan akut, misalnya pada udema otak dan paru-paru. Memperlihatkan kurva dosis-efek curam, artinya bila dosis dinaikkan efeknya (diuresis) senantiasa bertambah.
b. Derivat thiazid: hidroklorothiazid, klortalidon, mefrusida, indapamida, xipamida (Diurexan), dan klopamida.
Efeknya lebih lemah dan lambat, juga lebih lama (6-48 jam) dan terutama digunakan pada terapi pemeliharaan hipertensi dan kelemahan jantung. Obat-obat ini memiliki kurva dosis-efek datar, artinya bila dosis optimal dinaikkan lagi, efeknya (diuresis, penurunan tekanan darah) tidak bertambah.
c. Diuretika penghemat kalium: antagonis aldosteron (spironalokton, kanrenoat), amilorida, dan triamteren.
Efek obat-obat ini hanya lemah dan khusus digunakan terkombinasi dengan diuretika lainnya guna menghemat ekskresi kalium. Aldosteron menstimulasi reabsorbsi Na dan ekskresi K; proses ini sihambat secara kompetitif (saingan) oleh antagonis aldosteron.
Amilorida dan triamteren dalam keadaan normal hanya lemah efek ekskresinya mengenai Na dan K. Tetapi, pada penggunaan diuretika lengkungan dan thiazid, yang mengekskresi kalium dengan kuat, zat-zat penghemat kalium ini menghambat ekskresi K dengan kuat pula. Mungkin juga ekskresi dari magnesium.
d. Diuretika osmotis : manitol dan sorbitol.
Obat-obat ini hanya direabsorbsi sedikit oleh tubuli, hingga reabsorbsi air juga terbatas. Efeknya adalah diuresis osmotis dengan ekskresi air tinggi dan relatif sedikit ekskresi Na. Terutama manitol, hanya jarang digunakan sebagai infus intravena untuk menurunkan cairan dan tekanan intraokuler, juga untuk menurunkan volume cairan serebrospinal dan tekanan intrakranial.
e. Perintang–karbonat hidrase : asetazolamida.
Zat ini merintangi enzim karbonat anhidrase di tubuli proksimal, sehingga di samping karbonat, juga Na dan K diekskresikan lebih banyak, bersamaan dengan air (Rahardja dan Tjay, 2002).

(Chrisye, 05-072)
7. Hidroklorotiazid
Hidroklorotiazid merupakan diuretik golongan thiazid yakni diuretik dengan potensi sedang, yang bekerja dengan cara menghambat reabsorbsi natrium pada bagian awal tubulus distal.



Struktur :

Gambar 1. Struktur Hidroklorotiazid
6-Chloro-3,4-dihydro-2H-1,2,4-benzo hiadiazine-7-sulfonamide 1,1-dioxide
BM : 297,73
pKa : 7,9 – 9,2
Hidroklorotiazid mengandung tidak kurang dari 98,0% C7H8ClN3O4S2 dihitung terhadap zat yang telah dikeringkan. Pemerian : serbuk hablur, putih atau praktis putih; praktis tidak berbau. Kelarutan : sukar larut dalam air (< 1 dalam 10.000), mudah larut dalam larutan natrium hidroksida, dalam n-butilamina, dan dalam dimetilfornamida; agak sukar larut dalam metanol; tidak larut dalam eter, dalam kloroform, dan dalam asam mineral encer.
Indikasi : edema, hipertensi
Peringatan : dapat menyebabkan hipokalemia; memperburuk diabetes dan pirai; mungkin memperburuk SLE (eritema lupus sistemik); usia lanjut; kehamilan dan menyusui; gangguan hati dan ginjal (hindarkan bila berat); porifiria.
Kontraindikasi : hipokalemia yang refaktur; hiponatremia; hiperkalsemia; gangguan ginjal dan hati yang berat; hiperurikemia yang simtomatik; penyakit addison.
Dosis : edema, dosis awal 12,5 – 25 mg sehari, untuk pemeliharaan jika mungkin kurangi; edema kuat pada pasien yang tidak mampu untuk mentoleransi diuretika berat, awalnya 75 mg sehari.
Hipertensi dosis awal 12,5 mg sehari jika perlu tingkatkan sampai 25 mg sehari.
Usia lanjut dosis awal 12,5 mg sehari mungkin cukup.

Peringatan : penghentian pemberian thiazida pada lansia tidak boleh secara mendadak, karena resiko timbulnya gejala kelemahan jantung dan peningkatan tensi.
Efek samping :
a. Hipokalemia : yakni kekurangan kalium dalam darah. Semua diuretik dengan titik kerja di bagian muka tubuli distal memperbesar ekskresi ion-K+ karena ditukarkan dengan ion Na akibatnya kadar kalium plasma dapat turun di bawah 3,5 mmol/liter. Gejala kekurangan kalium ini berupa kelemahan otot, kejang-kejang, obstipasi, anoreksia, kadang-kadang juga aritmia jantung tetapi gejala ini tidak selalu menjadi nyata. Pemakaian HCTZ hanya sedikit menurunkan kadar kalium.
b. Hiperurikemia : terjadi akibat retensi asam urat. Menurut dugaan, hal ini disebabkan oleh adanya persaingan antar diuretikum dengan asam urat mengenai transpornya di tubuli.
c. Hiperglikemia : dapat terjadi pada pasien diabetes, terutama pada dosis tinggi akibat dikuranginya metabolisme glukosa berhubung sekresi insulin ditekan.
d. Hipernatriemia : kekurangan natrium dalam darah. Gejalanya berupa gelisah, kejang otot, haus, letargi (selalu mengantuk), juga kolaps (Dollery, 1999).
(Ines, 05-061)

BAB II
PEMBAHASAN

1. Obat-obat diuretik bekerja dengan cara memblok reabsorpsi Na+ (termasuk reabsorpsi Cl- ) pada tubulus distal dengan menghambat ikatan membran luminal Na+/Cl- cotransport sistem.
Pada kondisi normal, terjadinya reabsorpsi Na+ Cl- dengan mekanisme sebagai berikut : pada tubulus distal, adanya cotransport NaCl akan memindahkan Nacl dari cairan luminal menuju ke sel tubulus distal. Cairan luminal Cl akan dipindahkan ke atas, sedangkan cairan luminal Na akan dipindahkan ke bawah oleh cotransporter tersebut. Reabsorpsi na terjadi secara lengkap ketika ikatan membran antiluminal Na K+-ATPase diaktifkan akan memompa Na memasuki ke interstitium melalui antiluminal membran. Cl yang terdapat dalam intraseluler akan berpindah ke interstitium melalui saluran yang terdapat di membran antiluminal (Block and Beale, 2004). Hidroklorotiazid akan menghambat reabsorpsi Na pada cotransporter NaCl di membran luminal. Penghambatan reabsorpsi ini akan mengurangi tekanan osmotic pada ginjal, sehingga lebih sedikit air yang direabsorpsi oleh collecting duct. Ini akan memacu peningkatan urin.
Scan gambar dari buku hal.600

(Diskusi Kelompok)

2. Penurunan Na+ di otot polos menyebabkan penurunan sekunder pada Ca2+ intraseluler sehingga otot menjadi kurang responsif. Hal ini akan menyebabkan relaksasi otot polos arterior sehingga akan menurunkan resistensi perifer yang menyebabkan penurunan tekanan darah.
(Diskusi Kelompok)

3. Menghambat enzim karbonat anhidrase sehingga mengalami ekskresi bikarbonat dari cairan tubuler

Gambar 2. Struktur karbonat anhidrase
Karbonat anhidrase adalah enzim yang berada dalam epitel tubulus ginjal dan sel darah merah. Enzim ini mengkatalisis reaksi yang nampaknya sederhana yang akan bergeser jauh ke kiri bila tanpa enzim: 2H2O + CO2 ↔ H2CO3 ↔ HCO3- + H3O+. Dalam ginjal, proton pada H3O+ ditukar dengan ion Na+ yang akan diserap kembali. Karena itu, karbonat anhidrase berperan sangat penting dalam menjaga keseimbangan ion dan air antar jaringan dan kemih. Bila zat penghambat karbonat anhidrase menghalangi enzim tersebut di dalam ginjal, maka ion Na+ dalam filtrat tidak dapat dipertukarkan, Na+ diekskresikan berama-sama air sebagai akibat hidrasi ion dan efek osmosis.
Hidroklorotiazid mempunyai mekanisme aksi pada penghambatan kerja enzim karbonat anhidrase. Adanya enzim karbonat anhidrase pada sel tubulus akan mempermudah pembentukan ion bikarbonat. Sisi aktif dari enzim ini adalah terdapat pada ion Zn2+. Ion ini akan berinteraksi dengan 2 sisi O yang ada dalam ion bikarbonat.

Gambar 3. Mekanisme interaksi sisi aktif karbonat anhidrase dengan bikarbonat

Pada hidroklorotiazid, interaksi yang terjadi adalah pada sisi aktif enzim karbonat anhidrase yaitu pada Zn2+. Pada hidroklorotiazid terdapat atom Cl yang merupakan golongan halogen dimana golongan ini memiliki elektronegativitas yang besar dibandingkan unsur golongan lain. Dengan kondisi bahwa Zn2+ memiliki kecenderungan elektropositif yang besar maka Zn2+ akan lebih memillih terikat dengan Cl daripada dengan O. Unsur O pada golongan VIA yang relatif kurang elektronegatif dibanding dengan Cl. Kemudian Zn2+ juga akan terikat pada O yang berikatan rangkap dengan S secara koordinasi. Dengan demikian Zn2+ akan membentuk kelat 5 ikatan.

Gambar 4. Interaksi karbonat anhidrase dengan Hidroklorotiazid

A. B.

Gambar 5. interaksi pada sisi reaktif hipoptetikal pada karbonat anhidrase

Ketika enzim karbonat anhidrase lebih beraktivitas pada hidroklorotiazid, maka ion bikarbonat yang terbentuk akan berkurang. Padahal ion ini yang akan berhubungan dengan keberadaan Na+ dalam tubulus, dan lebih jauh lagi akan cenderung bersifat menarik air. Saat keberadaan Na+ berkurang di dalam tubuh maka air akan banyak dikeluarkan lewat urin.

Adanya benzen akan menstabilkan molekul. Dengan ikatan kovalen koordinasi Zn2+ pada O ikatan rangkap, maka S juga akan dipengaruhi, maka benzena akan melakukan resonansi untuk kestabilan molekul itu sendiri. Dilihat dari strukturnya yang nonpolar, hidroklorotiazid akan lebih larut dalam lipid dan kurang larut air sehingga bisa bekerja dengan lebih baik pada sel-sel tubulus distal.

(Diskusi Kelompok)




Gambar 6. Antaraksi Kimia yang Normal dalam Tubulus Ginjal

Jaringan sel tubulus ginjal filtrat glomerolus


H2O + CO2 karbonat anhidrase H2CO3 HCO3- + H3O+ H3O+ + HCO3- H2CO3 CO2 + H2O




Na+ Na+, HCO3-

Urin







Gambar 7. Antaraksi Kimia dalam Tubulus Ginjal Setelah Penghambatan Karbonat Anhidrase

Jaringan sel tubulus ginjal filtrat glomerolus

H2O + CO2 karbonat anhidrase H2CO3 HCO3- + H3O+ HCO3-

Na+

Penghambat Urin
(Na+, HCO3-, H2O)










BAB III
KESIMPULAN

Hidroklorotiazid bekerja sebagai diuretik dengan mekanisme:
• Menghambat co-transporter Na+ / Cl
• Vasodilator
• Menghambat enzim karbonat anhidrase



























DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2000, IONI 2000, 71, Depkes RI, Jakarta
Block, J.H. and Beale J.M., 2004, Textbook of Organic Medicinal and
Pharmaceutical Chemistry, 11th Edition, 604-608, Lippincott Williams
and Wilkins, Philadhelphia
Dollary, C., dkk., 1999, Therapeutic Drugs, 52-56, Churchill Livingstone, Toronto
Foye, William O., 1995, Prinsip-prinsip Kimia Medisinal, Edisi II, 865-867, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
Gray, H.H., dkk., 2002, Kardiologi, Edisi IV, 57-64, Erlangga, Jakarta
Lacy, F.C., et all., 2003, Drug Information Handbook, 11th edition, 691-693, Lexi-Comp. Inc., USA
Neal, M.J., 2005, At a Glance Farmakologi Medis, Edisi V, 37, Erlangga, Jakarta
Nogrady, T., 1992, Kimia Medisinal: Pendekatan Secara Biokimia, 466-469, Penerbit ITB, Bandung
Rahardja, K., dan Tjay, T.H., 2002, Obat-obat Penting, Edisi V, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta
Skach, W., et all., 1996, Penuntun Terapi Medis (Handbook of Medical Treatment), 196-201, Alih bahasa: Indraty Secilia, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta
Vander, dkk., 2001, Human physiology: The Mechanism of Body Function, 8th Edition, 549, Mc Graw-Hill Companies, Inc., Singapore

63 comments:

Anonymous said...

http://louisvuittonsales.seesaa.net/ ボッテガ 財布
http://louisvuittonoutleta.seesaa.net/ ヴィトン バッグ
http://louisvuittons2013.seesaa.net/ コーチ 財布
http://louisvuittonsale2013.seesaa.net/ ボッテガ 店舗
http://vuittonsales.seesaa.net/ コーチ 財布
http://louisvuittonsshop.seesaa.net/ ボッテガベネタ
http://chloesale.seesaa.net/ ボッテガヴェネタ 店舗
http://chloeoutlet.seesaa.net/ ルイヴィトン バッグ
http://chloeoutlets.seesaa.net/ ボッテガヴェネタ
http://paulsmithsale.seesaa.net/ コーチ 長財布
http://paulsmithbags.seesaa.net/ ヴィトン 長財布
http://paulsmithshops.seesaa.net/ ケイトスペード アウトレット
http://paulsmithhome.seesaa.net/ ヴィトン タイガ
http://bvlgarijapans.seesaa.net/ カルティエ 指輪
http://bvlgarijapan.seesaa.net/ コーチ バッグ アウトレット
http://chloegirl.seesaa.net/ ヴィトン モノグラム
http://chloemall.seesaa.net/ ルイヴィトン バッグ
http://chloemallsale.seesaa.net/ ルイヴィトン 財布
http://bvlgarionlinesale.seesaa.net/ ブルガリ 時計
http://bvlgariseller.seesaa.net/ cartier 時計
http://paulsmithgirl.seesaa.net/ coach メンズ

Anonymous said...

There is no reason to imminent danger your baby's well getting just to get yourself a brighter grin. But it can be held that you have one's personalized judgment.
All linings are associated with the interior yellow suede.
It is simply indeed a exceptionally smart and standard footwear of the century.
http://pigskinzone.com/groups/louis-vuitton-bags-beware-with-the-disguised-narcissist-57509056/

My web-site; ヴィトン モノグラム

Anonymous said...

A good replica will carry out due diligence a little expensive than usual.
You may Louis Vuitton Outlet go backed to regular when you are property.

Louis vuitton handbags are the most desired bag through women
forever. Proform seats are brilliant seats for nothing boats.

http://www.efatum.com/index.php?do=/profile-15969/info/

Have a look at my web-site - モノグラム ヴィトン

Anonymous said...

Everything is very open with a precise description of the challenges.
It was truly informative. Your website is useful. Thanks for
sharing!

Here is my weblog :: ミュウミュウ店舗

Anonymous said...

Have you ever considered about adding a little bit more than just
your articles? I mean, what you say is valuable and all.
But think about if you added some great visuals or video
clips to give your posts more, "pop"! Your content is excellent but with pics
and clips, this website could certainly be one of the very best in its field.
Wonderful blog!

Feel free to surf to my blog greenhost.ro

Anonymous said...

I have read several just right stuff here.
Definitely worth bookmarking for revisiting. I wonder how a lot attempt you put to make this kind of great informative web site.


My homepage :: トリーバーチ財布

Anonymous said...

hello!,I really like your writing so much!
proportion we be in contact extra approximately your post on AOL?

I require a specialist in this area to solve my problem.

May be that is you! Looking forward to peer you.

Also visit my website; chloe バッグ

Anonymous said...

We're a group of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your site provided us with useful information to work on. You've done a formidable
job and our entire group shall be grateful to you.



Here is my web blog; chloe バッグ

Anonymous said...

I've been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before.

My homepage: chloe バッグ

Anonymous said...

Wow that was strange. I just wrote an really long comment
but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all that over again.
Anyway, just wanted to say great blog!

Feel free to visit my web site; トリーバーチ アウトレット

Anonymous said...

On this phenomenon, different people bring different views.
The pure Suhali leather presents associated with some freshness as well as modernity.
These sorts of chairs usually pay out around $500.00. Since for the
material, crocodile and coat and shearing get in this seasons.

http://www.kruthailoei.net/modules.php?name=Your_Account&op=userinfo&username=HermineFe

Here is my blog post :: バッグ ヴィトン

Anonymous said...

Its such as you learn my mind! You seem to know so much approximately this, such as you wrote the e book in it or something.
I believe that you just could do with some p.c. to power
the message house a bit, however other than that, that is magnificent blog.
A great read. I will definitely be back.

Check out my web site トリーバーチ店舗

Anonymous said...

イタリアに基づいていますがこれらのプラダのデザインは20カ国
以上で販売されました

My homepage ... miumiu バッグ

Anonymous said...

。実際のマネージャは、最大実際のランプの作品は、いずれCELも点灯して
いることを認識していることを確認するには瞬間
点火主は実際に元のジョ
ブを取得します。一度電気モ
ーターが稼働される可能
性があり、光が外に起こっている

Also visit my blog post - コーチ

Anonymous said...

。、2011年の早い初めに、グッチは、私たちにその素晴らし
い歴史と、自社製品への新しいアイデアを与えるための繊細なデ
ザインが認められた
。そのデザイン
のアイデアの
ためにグッチは流行の、世界で最も一般的なブランドの一つであったと流行のリー
ダーになる。フォワードグッチの新しいアウトレット、ブーツ、
今年の初めに袋を見
てみましょう。 。私たちは冬に流行の
靴のメインストリームで
あり、古典的な赤と緑の色で装飾された
どちらかと黒色昨年のグッチのデザ
インを見に行こう

My website; グッチ

Anonymous said...

That they can be utilised for games create on as fit as
for purely natural wear. Or engage in you prefer their Adidas trademark a handful of lined logo?
Various types of Nike shoes should aid you to enjoy
your ultimate sports activities. The iPod has changed our dwells in a plethora of possibilities.

http://www.ehowtobecomeabartender.com/members/jhrveroni/activity/38123/

Here is my weblog; buy air max

Anonymous said...

What about becoming a greater person for you, your family, along with the
world? This shipment whole process can be followed on online links.

Until recently, womens golf apparel comprised mainly of boxy polos and ill-fitting shorts.
It does not all depends across personal opinion. http://www.

evil-wizards.org/en/index.php?title=User:PCPHubert

Look at my web blog :: air max shoes

Anonymous said...

Nowadays, there are range styles sports position in the showcase.
Stay with your local Nike Store on Twit for launch reports and frequent
updates. nike Zoom Kobe men's basketball shoe is de facto a excellent as well as shoe. The young star, Jill McGill sports her gowns. http://extempo.altervista.org/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=64410&sid=448154fc00686f357892f03bea61205f

Here is my homepage ... nike air max 90

Anonymous said...

They get in touch with it Amazon Man made fiber. Various types of Nike shoes should aid you
to enjoy your ultimate sports activities. Both associated with the
manufacturers allow top quality very good end products.
Believe it or not, these comparable item can are found off
the internet for just $8.99. http://mulino58.ru/index.
php?option=com_blog&view=comments&pid=243205&Itemid=71

Anonymous said...

How would you decide the quality involving any electronic machines?
It may help you stand on the golf coaching course.
To be a result, we can have decent energy to leave on climbing slopes.
But in no time after prolonged duration period,
it's lengthy into every areas. http://detskiyvopros.ru/forum/profile.php?id=23795

Feel free to surf to my web-site ... air max classic

Anonymous said...

The Clarity- A well cut and definite gemstone is another hallmark of an invaluable piece.
Wearing nike, if at all possible become the focus of the affectionate
eyes. That is a pretty nickle for a pretty golf shoe.
It's much easier to acknowledge a solution when you're can apply something to deal with every step.
http://www.beerknurd.com/glasstrader/profile.
php?mode=viewprofile&u=110252

Anonymous said...

nike and Adidas does offer been around for a very
original. You can maybe that or have the classic template designed golf game
shoe i.e. These outfits may be feminine, sporty and comfortable.
Nike has these Nike Zoom Advanced, very nice black-jack shoe with all some features Nike can give.
http://esdmi.drealentejo.pt/user/view.php?id=26985&course=1

Look into my web page nike air max

Anonymous said...

On one hand, they think they can have got
easy mood, and they will be more satisfied.
The bigger the gem, the higher the price it is going to fetch.
The AJKO models had custom designed colors and versions that made each of them stand out.
Much more simple really a involving changes and each change is a problem.
http://menyrpg.altervista.org/phpBB2/profile.php?mode=viewprofile&u=2606

Look at my web site :: nike air max shoes

Anonymous said...

It just represents we have up to be a little more creative.
There are non-designer brands in often the market which identified for quality.

This way you just how their service rrs going to be.
Now this bag, as a full-blown rose, is blossoming in the development stage.
http://amelano.net/15900

Anonymous said...

Every other biggie in your handbag industry is now Prada .
.. Umbrellas and wet tissues would also enhance to the total
weight of the most important bags. Nevertheless a story behind this rose unit.
Some stars are designing their own totes now, such in the form of Fergie and Jessica Simpson.
.. http://opencoursegroup.com/groups/pas-cher-louis-vuitton-sac-toile-monogram/

Anonymous said...

Though a family feud, led these at least two brothers to split up, and
The puma corporation was born. it's flexible grooves improve the articulation and suppleness. You need to put these two down and you make one very functional machine. And the these shoes are your favorite bang for an individual's buck is pressing.
http://www.aispep.it/modules.php?name=Your_Account&op=userinfo&username=MelisaWu

my page :: womens air max

Anonymous said...

Nike has which the Nike Zoom Advanced, very nice casino shoe with all the exact features
Nike carries. it's flexible grooves to enhance the articulation and suppleness. what is more, from Nba to football game, Nike has obeyed its intent 2 . Just do it. The iPod has changed our lives in a plethora of possibilities. http://www.sileby-village.co.uk/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=107305

Anonymous said...

Consequently, they want get pleasure from themselves with mild packs.
Where would you decide the quality involving any
electronic kit? SB Dunk invariably make use of premium leather,
this is hard to match by knockoffs. Co-branding is a commonly practised
in approach and apparel discipline. http://linux.

24hr.se/w/index.php/Användare:WendiMatt

Anonymous said...

Once you comprehend, it is in order to buy the ornaments
of choice. Whilst iTunes is in order to beat, the Amazon kindle fire has a bout a tricks up the dog's sleeve. Abuse of this rule may lead to denial of receive or entry that would future launches. The young star, Jill McGill sports her outfits. http://www.uigrad.com/TRA/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=69584

Anonymous said...

Flickr RSVP is usually help manage product launches at nike Stores.
Being well-informed enables in getting value for money when it comes
to the ornaments. He led the length of his team to a very record
of 23-3 in his final protective two seasons. Whether you decide it or not, change is inevitable.
http://wiki.tonyyet.com/index.php?title=User:EldenDenm

Anonymous said...

But iTunes is tough beat, the Amazon kindle fire has a couple of tricks up its sleeve.
This shipment experience can be monitored on online links.
Low-priced products does 't equal to lower quality. I am going to give you options to different shoes and also that can have an option. http://www.thevikingsfan.com/phpBB2/profile.php?mode=viewprofile&u=117016

Anonymous said...

They get in touch with it Amazon Inorganic cotton.
Until recently, women's golf apparel consisted mainly of boxy polos and ill-fitting shorts. In the forums , you are speculating what the distinction between the two should be. So you get a custom nike Dunk SB and moreover a new appraisal for it. http://sakadonome.info/userinfo.php?uid=3910

Anonymous said...

Once you comprehend, it is for you to buy the decorations of choice.
Abuse of this rule may lead to denial of acquire or entry that will
future launches. I want to make absolutely you are getting the moneys worth possess
buy you nike basketball shoes. Twitter RSVP is used to help manage lotion launches at nike Stores.
http://www.rockspringsairport.com/index.php?

/member/152184/

my website ... air max nike shoes

Anonymous said...

On one hand, a tiny they can provide easy mood, and additionally they will be secure.
Gradually, Nike shoes have become the shoes men like to use.
Cocchia makes the breast coverage low and draws attentions to a sporting femininity.
As consumers we want to understand the best items available on
current market. http://social-match-dating.
com/blogs/viewstory/23963

Anonymous said...

Proform seats are splendid seats for nothing boats.
So, undoubtedly currently the Louis Vuitton designer bags and handbags are not exceptions.
The game operates in seventeen countries and has around
800 many people. Select the best experience for you of see a
residence. http://halo4.co/members/brentdigg/activity/55501/

Anonymous said...

Woah! I'm really enjoying the template/theme of this blog. It's simple,
yet effective. A lot of times it's difficult to get that "perfect balance" between superb usability and visual appeal. I must say you've done a excellent
job with this. Also, the blog loads extremely
fast for me on Firefox. Excellent Blog!

Look into my page: トリーバーチ財布

Anonymous said...

Hi there are using Wordpress for your site platform? I'm new to the blog world but I'm
trying to get started and set up my own. Do you require any coding knowledge to make your own blog?
Any help would be greatly appreciated!

My web site ... クロエ店舗

Anonymous said...

You need to be a part of a contest for one of the highest quality
sites online. I'm going to highly recommend this blog!

Also visit my web blog ルブタン靴

Anonymous said...

Howdy! I realize this is sort of off-topic however I had to ask.
Does building a well-established website like yours take a massive amount work?
I am brand new to running a blog however I do write in my journal every day.

I'd like to start a blog so I can easily share my experience and feelings online. Please let me know if you have any ideas or tips for new aspiring bloggers. Appreciate it!

my web-site; コーチ 財布

Anonymous said...

Everything is very open with a very clear description
of the issues. It was really informative.
Your website is very helpful. Thanks for sharing!

Feel free to visit my website - vision.tv

Anonymous said...

All you are looking for to do is put them into action now.
Original sources produce an eyewitness account with the event being researched.
Certain web design problems, especially poor server side
code, can change these services. And Ed Hardy
and Tory Burch don't exactly crowd that category. http://www.sociablenews.info/user.php?login=floragetz

Anonymous said...

Today, I went to the beachfront with my kids. I found a sea shell and gave
it to my 4 year old daughter and said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to her
ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched
her ear. She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I had to tell
someone!

My web site: アバクロ通販

Anonymous said...

When I initially commented I appear to have
clicked on the -Notify me when new comments are added-
checkbox and from now on each time a comment is added I get 4 emails
with the exact same comment. Perhaps there is a way you can remove me from
that service? Appreciate it!

Also visit my blog post: ヴィトンバッグ

Anonymous said...

It's an amazing post in favor of all the web viewers; they will get benefit from it I am sure.

My web site :: www.monsterbeatsphones-vip.com

Anonymous said...

Greetings! Very helpful advice within this post!
It's the little changes that make the most significant changes. Thanks for sharing!

Visit my website レイバン ゴーグル

Anonymous said...

It's going to be finish of mine day, except before finish I am reading this fantastic paragraph to improve my experience.

My web blog smittenwithbooks.blogspot.fr

Anonymous said...

Hi are using Wordpress for your blog platform? I'm new to the blog world but I'm trying to get started and create my own.
Do you require any coding knowledge to make
your own blog? Any help would be greatly appreciated!

Here is my web page: mddhomecare.com

Anonymous said...

I've been surfing online more than three hours these days, yet I never found any interesting article like yours. It is lovely worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made good content material as you did, the web shall be a lot more useful than ever before.

Feel free to visit my web site; http://www.shaneruhanbaijapan.com/

Anonymous said...

Ugg sheepskin boots Australia is a brand name for fashionable sheepskin hunters.
the precise significance is accustomed to basketball discs.

Person involved in the campaign must choose to be very clear related to these issues.
You need to put these two in unison and you
bring one very efficient machine. http://tml-wiki.refresh-resort.
jp/index.php/%E5%88%A9%E7%94%A8%E8%80%85:Lorene30A

My weblog: women air max

Anonymous said...

The AJKO models had custom designed colors and activities that made them
stand out. The ipod and iphone shuffle is unlike the common
regarding iPod. The answer is its durability, money-back guarantee as well like its connectivity.
Above all, pick a shoe that will help keep your feet easy.
http://www.forsaken-heroes.net/forum//index.php//index.
php//index.php//index.php//index.php//index.
php//index.php//index.php//index.php//index.php/index.

php?page=User&userID=11091

Have a look at my homepage: air max women

Anonymous said...

The world is really a involving changes and each change is an
obstacle. You can now buy chemical compounds used by capable
of making you feel like a golf superstar. It's not that they 're cut differently or perhaps show any increasing skin than offer in the previous.
Yes, we've quickly donrrrt nation of walking billboards. http://abc0120.jp/index.php?title=%E5%88%A9%E7%94%A8%E8%80%85%E2%80%90%E4%BC%9A%E8%A9%B1:CarinaCla

Anonymous said...

nike Zoom Kobe in a number of basketball shoe is de facto a excellent as well as shoe.

You'll be able to resist change, only temporarily. Ralph Lauren, Burberry and Liz Claiborne, have added the game of golf lines. These outfits are actually feminine, sporty and cozy. http://anarrixisi.gr/wiki/%CE%A7%CF%81%CE%AE%CF%83%CF%84%CE%B7%CF%82:Mohammad2

Anonymous said...

Fine way of telling, and pleasant piece of writing to get facts regarding my presentation
focus, which i am going to deliver in institution of higher education.


Also visit my web page: クリスチャンルブタン靴

Anonymous said...

Professionals will consider whether most of the logo design
standards to include words. This shoe scores big for best manual
and comfort. It's an opportunity for american to learn as to grow 3 ) to expand. It genuinely all depends on top of personal opinion. http://readwritewiki.com/user/view/profile/login/donaldlil

Anonymous said...

Adidas sneakers are on the list of best brands of shoes today.
This article a person information on the way to size various jogging sneakers in the correct way.
Once you comprehend, it is in order to buy the ornaments of choice.
Now we'll obtain a look during the Kindle Condemnation specifications to visit how it holds up. http://ru.istoriamoldovei.md/wiki/%D0%A3%D1%87%D0%B0%D1%81%D1%82%D0%BD%D0%B8%D0%BA:BradlySZF

Anonymous said...

I am actually happy to glance at this weblog posts which contains lots
of valuable information, thanks for providing such statistics.


Feel free to surf to my web site - ルブタン靴

Anonymous said...

Hi! Quick question that's totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird when browsing from my iphone. I'm
trying to find a template or plugin that might be able to correct this issue.
If you have any recommendations, please share. Many thanks!


Have a look at my website; nike air max on sale

Anonymous said...

I'd like to find out more? I'd love to find out more details.


my web site cheap nike air max 2009

Anonymous said...

Everything is very open with a very clear explanation of the
challenges. It was truly informative. Your site is very useful.
Thank you for sharing!

Here is my blog :: nike air max on sale

Anonymous said...

I got this web site from my pal who informed me regarding this web site and at the moment this time I am browsing this site and reading
very informative content at this place.

my page - cheap nike air max free shipping

Anonymous said...

You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic
to be really something which I think I would never understand.
It seems too complex and very broad for me. I am looking forward for
your next post, I will try to get the hang of it!

Also visit my blog - cheap nike air max 2009

Anonymous said...

I quite like reading through a post that can make
people think. Also, thank you for allowing me to comment!


my web page; cheap nike air max

Taj Nin Niha said...

Hi Administrator,
This is a very useful blog. When I read I enjoyed. Also, this website is really informative. It helps people. Thanks for sharing. Please keep it up.

well, this is my site web development company

you may visit and can share your opinion with us.