Friday, April 11, 2008

PENELITIAN DIARE

2. Seberapa sering ibu melakukan pengobatan sendiri dalam penyakit diare dalam 1 bulan terakhir?
Sebagian besar responden mengatakan bahwa tidak pernah melakukan pengobatan sendiri dan responden yang mengobati sendiri paling banyak selama 1 kali dalam sebulan.
3. Apa ibu mengetahui jenis-jenis atau macam penyakit diare?
82 responden dari 138 responden menjawab tidak tahu, sedangkan responden yang lain menjawab sesuai dengan yang mereka ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada yang menjawab dengan tepat. Jenis diare dibagi menjadi dua yaitu diare yang disebabkan oleh bakteri dan non bakteri.

4. Biasanya apa saja penyebab penyakit diare tersebut?
Dari responden 138 yang menjawab sebagian besar diare disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, tidak bersih, pedas, asam, dan kecut (102). Selain itu juga ada yang mengatakan diare dikarenakan masuk angin, kuman, cuaca buruk.


5.apakah ibu mengetahui gejala-gejala penyakit diare? Sebutkan menurut pengetahuan ibu!
Kebanyakan responden menjawab gejala yang dialami adalah sakit perut (118) dan BAB lembek terus-menerus. Selain itu dikaitkan pula dengan kembung, mual, muntah, deman, pusing dan masuk angin.


6. Biasanya penyakit-penyakit apa saja yang turut menyertai penyakit diare?
Ada 26 dari 138 responden yang menjawab tidak tahu, sedangkan responden yang lain memberikan berbagai jawaban seperti misalnya penyakit seperti sakit perut, demam, masuk angin, penyakit pencernaan, disentri, muntaber dan muntah-muntah.



Kesimpulan Tince :



2.Responden jarang melakukan pengobatan diare sendiri dan jika itu dilakukan hanya sesekali saja.
3.Macam-macam diare tidak diketahui secara tepat oleh masyarakat, masyarakat kebanyakan membagi macam-macam diare sesuai dengan gejala dan tanda yang ditimbulkan.yang benar, jenis diare dibagi menjadi dua yaitu diare yang disebabkan oleh bakteri dan non bakteri.
4.Makanan merupakan penyebab diare yang utama pada masyarakat.
5.gejala yang ditimbulkan oleh diare adalah sakit berut, BAB lembek terus-terusan, mual, muntah, perut kembung dan deman.
6.penyakit yang menyertai penyakit diare bervariasi, tetapi sebagianbesar terletak pada kelainan saluran pencernaan.

No comments: